Anak Sering Membantah? Hadapi dengan Cara Ini

Dalam kehidupan rakyat tentu sering menemukan anak-anak dengan sifat yang doyan sekali membantah. Bukan saja orang tua yang kesal melihatnya, namun orang-orang dewasa di sekitarnya pun juga merasakan hal sama.

Dilansir situs sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id, memarahi ataupun melaksanakan hukuman fisik bukan cara tepat dalam menangani perilaku anak yang sering membantah. Hal seperti ini timbul sebab perilaku membantah pada anak sebenarnya tetap dalam tahap wajar. Sebab, mereka tetap berada pada proses pendewasaan secara fisik ataupun emosionalnya.

Periset di Pusat Study Pendidikan dan juga Kreativitas Anak, Risdianto Hermawan berkata, orang tua sesungguhnya cuma perlu membagikan kesempatan anak untuk mengungkapkan pendapatnya. Menjadi orang tua sebaiknya membagikan perhatian saat anak mulai berbicara sebab pada dasarnya mereka hendak mengungkapkan ide dan juga pikirannya. “Hindarilah membentak dan juga memaksa, berkatalah dengan kata terang yang lembut, hingga anak merasa di perhatikan,” kata dia.

Orang tua pun juga cukup disarankan dalam membagikan pengganti opsi. Hal ini sebab anak yang sering membantah biasanya akan seringkali ngotot dengan pilihan mereka.