Pakar Klaim Permen Vitamin tidak Sehat Bagi Anak

Tiap kali pergi ke apotek ataupun pusat perbelanjaan, anak-anak sering merengek serta mengharap permen kenyal berlabel vitamin yang berwujud aneka bentuk lucu. Tetapi, jangan secepat itu menyerah serta membelikannya untuk putra-putri Kamu.

Situs Daily Mail melaporkan, diskusi panel para ahli kesehatan di Australia mengklaim bahwa permen yang kenyal suplemen vitamin itu malah tak sehat untuk anak-anak. Alasan utamanya yakni sebab level tinggi gula yang mana terkandung di dalamnya.

Hasil diskusi itu pun juga sudah di terbitkan dalam sebuah artikel pada The Conversation. Para penulis penting yang terlibat yaitu Profesor Ken Harvey, ahli nutrisi Rosemary Stanton, Profesor Stuart Dashper, serta siswa jurusan Biomedical Sciences bernama Eliza Li.

Seluruhnya mengklaim bahwa vitamin gummies tak sehat, kurang diatur regulasi, serta eksploitatif terhadap anak. Kadar gula serta asam tinggi turut berkontribusi juga dalam kerusakan gigi awal serta gigi berlubang pada anak-anak.

“Di Australia, sekitar 50 % anak-anak masuk SD dengan kerusakan gigi yang telah tak bisa diperbaiki. Seiring dia tumbuh, masalah gigi itu seumur hidup membutuhkan tambalan, serta mungkin perbaikan saluran akar ataupun ekstraksi gigi,” tulis mereka.

Beragam asam makanan kayak citric acid, lactic acid, serta ascorbic acid yang sering di temukan dalam suplemen gummy pun juga memicu erosi pada gigi. Ditambah lagi, sebagian dari vitamin gummy diklasifikasikan menjadi obat komplementer sementara sebagian lagi menjadi makanan.

“Berdasarkan saya, gummy yang mempunyai kandungan asam makanan serta tinggi kandungan gula bukanlah obat yang diperlukan pengguna,” kata para ahli itu yang memperingatkan supaya anak-anak berusia 2-3 tahun tak mengkonsumsi lebih dari 6 hingga 8 sendok teh gula per hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *