Pentingnya Orang Tua Memahami Bakat dan Potensi Anak

Mempunyai anak yang berprestasi adalah sebuah kebanggaan untuk orangtua. Untuk mempunyai anak berprestasi, berdasarkan psikolog keluarga dari Selaras Pesona Indonesia bernama Veronica Kristiyani, terpenting untuk orang tua memahami bakat dan juga potensi yang di miliki anak.

“Kalau tak paham, akan terjadi kebingungan-kebingungan pada diri orang tua dan juga orangtua akan susah mengarahkan anak,” kata Veronica.

Veronica menjelaskan orang tua mesti mengamati kelebihan dan juga apa yang menjadi kebutuhan si anak. Setelah mengamati, orangtua mesti menstimulasi apa yang menjadi potensi anak.

Contohnya, anak yang doyan menyanyi kemungkinan mempunyai bakat di sektor seni music. Ataupun, anak yang doyan berlarian, dapat jadi mempunya bakat di sektor olahraga. Kalau kebiasaan-kebiasaan anak ini distimulasi dapat menjadi potensi yang baik untuk anak.

Selain menstimulasi kebiasaan anak, orang tua pun juga perlu menstimulasi kecerdasan majemuk yang mana meliputi kecerdasan matematika dan logika, bahasa, visual-spasial, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, dan juga naturalis.

Berdasarkan Veronica, kalau kecerdasan majemuk distimulasi, kelebihan dan juga potensi anak akan tampak dengan sendirinya. “Saat telah paham maka orangtua akan lebih mudah mengarahkan,” kata Veronica.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *